Mengenal Pengerjaan Waterproofing Kolam Renang

Mengenal Pengerjaan Waterproofing Kolam RenangWaterproofing pada kolam renang merupakan proses pembuatan struktur kedap air sebagai penahan masuknya air dalam kondisi tertentu. Waterproofing memiliki peran yang penting yaitu mencegah kebocoran dinding kolam renang. Selain itu, waterproofing juga penting untuk membuat lapisan dinding lebih kuat dari tekanan air. Waterproofing ini bisa diterapkan di bak mandi, kolam renang  yang berguna sebagai penambal keretakan pada talang, nok, dan lainnya. Pada intinya waterproofing ini sangat bagus dan  berfungsi baik untuk menjaga kolam renang agar tidak rembes atau bocor.

Syarat Melakukan Proses Waterproofing

Dalam proses kontruksi dasar pada kolam renang, waterproofing digunakan untuk memastikan kolam renang tidak mengalami kebocoran. Bahkan, waterproofing kolam renang sendiri dilakukan seusai merendam beton yang dilakukan selama 5 hari berturut-turut. Dengan syarat tidak turun hujan selama tes berlangsung. Nah dengan melakukan tes ini, maka kemudian dapat diketahui bagaimana kualitas beton yang digunakan apakah memang tembus atau tidak.

Beragam Jenis Waterproffing

Lalu penting juga kiranya untuk anda ketahui bahwa sebetulnya ada beragam jenis waterproofing yang bisa anda gunakan. Karena ada banyak jenisnya, anda harus bisa mengetahui manakah yang paling bagus. Ada beragam jenis waterproofing berdasarkan bahan dasarnya. Misalnya, waterproofing berbahan dasar semen, aspal, dan polimer. Ketiga jenis waterproofing tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda-beda. Jika waterproofing kolam renang dibutuhkan pelapis berbahan semen, karena tahan terhadap tekanan air.

Bagaimana Proses Waterproofing Kolam Renang?

Nah setelah itu perlu juga kiranya untuk bisa memahami dengan baik tentang proses waterproofing yang bagus itu seperti apa. jika anda memang mau dapat hasil yang bagus, maka anda harus pikirkan dengan baik prosesnya sehingga bisa tahu untungnya. Penting mengaplikasikan waterproofing untuk kolam renang dengan tepat. Agar tidak terjadi kebocoran dikemudian hari. Sedangkan pengerjaan waterprooofing kolam renang bisa dilakukan dengan sistem coating. Berikut ulasannya.

  • Terlebih dahulu, basahi beton dan di lap dengan spons atau kain. Bisa juga dengan semprot menggunakan kompresor supaya kotoran yang melekat pada beton menjadi hilang.
  • Beton yang bersih, kemudian keringkan. Setelah itu olesi dengan bahan waterproofing menggunakan kuas. Olesi beton dengan waterproofing dengan dua lapisan. Lakukan minimal tiga kali lapisan untuk bagian sudut dan area bekas injeksi.
  • Lakukan screeding/kamprotan setelah waterproofing dipastikan benar-benar kering. Kamprotan sebagai langkah akhir waterproofing pada kolam renang.
  • Setelah dilakukan screeding, lanjutkan dengan tahap pemlesteran .

Waterproofing pada kolam renang merupakan tahapan penting untuk melindungi kolam renang dari kebocoran. Karena masalah kebocoran kolam renang bisa berakibat serius jika tidak ditangani sejak awal. Maka, pastikan anda melakukan waterproofing  pada kolam renang secara benar. Agar kolam renang tidak bocor dan tentunya aman digunakan. Demikian info seputar pengerjaan waterproofing kolam renang. Semoga bermanfaat.

Copyright © 2019 Horam Tennis All Right Reserved.